Gambar: Sehatnya Senyum
Sehatnya Senyum

Sehatnya Senyum

Bahagia itu harus ditularkan. Dan cara yang paling mudah adalah dengan menebar senyum yang tulus. Selain memiliki manfaat buat kesehatan tubuh juga berefek dahsyat untuk kesehatan mental dan psikologis kita sendiri.

Perbaiki suasana hati.

Suasana hati miliki potensi untuk berubah ketika ada pemicunya. Karena itu paksa bibir untuk tersenyum saat mengalami kesedihan.  Perasaan lepas, rileks sedikit demi sedikit akan muncul seiring seberapa banyak bibir mengulas senyum. Dari sini tubuh akan menstimulasi neurotransmitter, seperti senyawa dopamin dan serotonin. Dua senyawa kebahagiaan yang mampu meningkatkan suasana hati.
 

Meningkatkan imunitas

Perasaan rileks, lebih tenang akan muncul dan otomatis akan berpengaruh pada kinerja sitokin. Protein khusus pembawa pesan antar sel pada sistem kekebalan tubuh. Pesan pada sel darah putih untuk bergerak menuju jaringan yang terinfeksi. 


Menurunkan tensi

Saat seseorang emosi maka akan terjadi gejolak di dalam jiwanya. Pada tubuhnya juga terjadi sebuah kondisi darah ikut naik yang menyebabkan hipertensi atau tekanan darah tinggi. Sehingga kebiasaan marah ini bisa menjadi malapetaka yang benar-benar serius. Anda harus menghindari marah-marah, caranya dengan menjadi sosok yang murah senyum dan rendah hati kepada orang-orang.


Memproduksi hormon penting di dalam tubuh

Pada penelitian yang dillukan oleh para ahli, menemukan bahwa saat seseorang tersenyum maka tubuhnya akan melepaskan hormon endorfin, yang berfungsi untuk meminimalisir rasa sakit secara alami. Serta memproduksi hormon serotonin, hormon yang membantu Anda agar bisa lebih rileks, dan juga agar Anda bisa tidur lebih nyaman.

Membantu Berpikir Positif

Saat tersenyum, walau senyum itu memang alami atau “dibuat-buat”, otak dan seluruh tubuh akan menerima pesan seolah-olah hal baik terjadi pada diri kita dan kita tengah gembira. Itulah sebabnya, senyum dan kebahagiaan memiliki hubungan dua arah atau timbal balik.

Senyum dapat Memengaruhi Otak dan Tubuh
Setiap kali Kamu tersenyum, otak akan merasa bahagia. Tersenyum dapat membantu meredakan stres. Saat Kamu tersenyum, Kamu akan melepaskan dopamin, endorfin dan serotonin yang membantu menenangkan sistem saraf, menurunkan denyut jantung dan tekanan darah.

Jadi mulai sekarang tularkan kebahagiaan melalui senyuman tulus dan terbaik. Semakin mantapkan tubuh agar tetap sehat, energik dalam beraktivitas.

Hubungi Kami